SHARE
Jangan Kendor Pakai Masker
Ketua TP PKK Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie Kamtono. Foto: Dok Prokopim Kota Pontianak

PONTIANAK – Kecamatan Pontianak Utara menerima sebanyak 1.200 masker dari Poltekkes Kemenkes Pontianak bekerja sama dengan Tim Penggerak (TP) PKK Kota Pontianak untuk dibagikan secara gratis kepada masyarakat di wilayah kecamatan tersebut. Masker diserahkan secara simbolis kepada Camat Pontianak Utara Affan dan Ketua TP PKK Kecamatan Pontianak Utara di Aula Kantor Camat Pontianak Utara, Selasa (8/9/2020).

Ketua TP PKK Kota Pontianak Yanieta Arbiastutie Kamtono menerangkan penyerahan masker yang akan dibagikan secara gratis kepada masyarakat ini dalam rangka sosialisasi disiplin mengenakan masker. Dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, ia berharap masyarakat tidak kendor dan tetap disiplin melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. “Dengan menerapkan 3M yaitu Menggunakan masker, Mencuci tangan pakai sabun dan Menjaga jarak,” ujarnya.

Dirinya menyayangkan masih rendahnya kesadaran masyarakat di Kecamatan Pontianak Utara dalam penggunaan masker. Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kota Pontianak, persentase kesadaran masyarakat di dua pasar yang ada di Pontianak Utara masih sangat rendah. Kegiatan pembagian masker ini akan berlanjut di kecamatan-kecamatan lainnya di enam kecamatan se-Kota Pontianak. “Untuk itu, inilah upaya yang bisa kami lakukan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” imbuh Yanieta.

Camat Pontianak Utara Affan berharap pembagian masker ini bisa mendorong para kader PKK membantu mensosialisasikan kepada masyarakat untuk disiplin mengenakan masker serta melaksanakan protokol kesehatan. “Itu yang perlu terus kita berikan edukasi kepada masyarakat khususnya di Pontianak Utara,” katanya.

Affan menambahkan, sasaran pembagian masker di titik-titik yang sudah ditentukan seperti di pasar-pasar, permukiman yang kesadaran masyarakatnya masih rendah dan titik lainnya. “Kita akan bagikan pada titik keramaian, titik kumpul masyarakat, selain itu juga akan didistribusikan ke kelurahan dan selanjutnya kelurahan akan membagikan di wilayah mereka,” ungkapnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan. Adanya sosialisasi ini diharapkan para kader posyandu, PKK, tokoh masyarakat, Ketua RT/RW bisa meneruskan informasi ini kepada masyarakat di sekitarnya. “Sehingga masyarakat tumbuh kesadarannya untuk mematuhi protokol kesehatan dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ucap Affan. (*/R-1)