SHARE
Ini Sikap Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak di Hari Guru
Puluhan mahasiswa IKIP PGRI Pontianak ketika melakukan aksi damai di Bundaran Digulis Pontianak, Minggu (25/11/2018). Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK-Puluhan mahasiswa IKIP PGRI Pontianak menggelar aksi damai di Bundaran Digulis Pontianak, Minggu (25/11/2018) sore. Aksi yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Guru yang jatuh pada 25 November.

Dalam aksinya, tampak beberapa mahasiswa membawa spanduk bertuliskan “Guru Bukan Budak”, “Upah Guru Honorer Rp300 Ribu Di Bawah UMR”, “Jangan Jadikan Guru Kacung Intelektual” dan sejumlah spanduk lainnya. Beberapa orang juga terlihat berorasi menyuarakan aspirasi rakyat yang diwakilinya.

Ditemui di lokasi aksi, Presiden Mahasiswa IKIP PGRI Pontianak Zulfikri mengatakan aksi yang dikomandoi olehnya merupakan bentuk keprihatinan terhadap kondisi guru di tanah air. Terlebih, kondisi guru honorer yang berpenghasilan rendah.

“Aksi terkait Hari Guru dimana kami merasa terpanggil melihat kondisi guru di Indonesia, terkhusus di Kalimantan Barat. Dengan kondisi guru honorer yang miris sekali dengan penghasilan mereka yang rendah sekali,” ujarnya di Bundaran Digulis Pontianak, Minggu (25/11/2018).

Lebih lanjut Zulfikri menerangkan aksi yang dilakukan pihaknya dalam rangka menuntut pemerintah memberikan pengawasan terhadap guru yang berstatus PNS. Sebab, menurutnya masih banyak guru PNS yang tidak memberikan pengajaran maksimal kepada siswa.

“Kami menginginkan perhatian guru yang sudah PNS ini diberikan pengawasan lebih oleh pemerintah. Banyak sekali sekolah-sekolah yang gurunya di situ pegawai negeri tetapi pengajarannya masih kurang maksimal,” pintanya.

Aksi yang mendapat pengawalan dari Polsek Pontianak Selatan ini pun ditutup dengan pembacaan tuntutan sebagai berikut.

1. Tingkatkan gaji honorer sesuai dengan UMP dan UMK.
2. Tingkatkan kesejahteraan guru honorer.
3. Berikan toleransi pada guru honorer agar bisa mendaftar CPNS.
4. Berikan perlindungan pada guru honorer demi menghindari terjadinya kriminalisasi. (NAJ)