SHARE
Ini Imbauan MUI Kalbar Jelang Idulfitri

PONTIANAK – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Barat mengeluarkan imbauan dalam rangka menyambut Idulfitri 1440 Hijriah. Imbauan tersebut diketahui setelah terbitnya surat edaran Nomor 29/MUI-KB/V/2019 tertanggal 2 Juni 2019.

Berdasarkan surat yang ditandatangani oleh Ketua dan Sekretaris Umum Dewan Pimpinan MUI Kalbar tersebut, kaum muslim di Kalimantan Barat dianjurkan untuk mengumandangkan takbir di masjid, musala, dan surau/langgar masing-masing. Takbir yang dikumandangkan itu diharapkan tetap memperhatikan norma dan adat istiadat masyarakat setempat.

Dalam imbauan tersebut, MUI Kalbar juga tidak melarang umat Islam untuk menggelar pawai takbir di jalan raya. Namun, demi ketertiban bersama, sebelum pelaksanaan pawai takbir pihak penyelenggara diminta untuk berkoordinasi dengan aparat keamanan.

Dituliskan pula di surat tersebut bahwa umat Islam yang belum membayar zakat fitrah atau zakat mal diminta segera menunaikan kewajibannya. Hal itu patut dilakukan karena merupakan salah satu bentuk kepedulian sosial umat Islam kepada kaum duafa.

Surat edaran yang sudah tersebar luas di dunia maya ini juga berisi imbauan kepada seluruh umat Islam agar mengedepankan sikap kesederhanaan saat merayakan Idulfitri. Di momen lebaran, umat Islam juga diminta untuk saling memaafkan, mempererat silaturahmi dan menghindari perbuatan yang sia-sia. (NAJ)