SHARE
Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji menyematkan lencana kepada salah satu anggota Paskibra. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mengukuhkan para anggota pasukan pengibaran bendera (Paskibra) Kalimantan Barat, Kamis (15/8/2019). Sebanyak 28 anggota paskibra yang berasal dari 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Barat ini nantinya akan bertugas melakukan pengibaran dan penurunan bendera merah putih pada Upacara Peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di Halaman Kantor Gubernur Kalimantan Barat, Sabtu (17/8/2019). 

Upacara pengukuhan yang diawali dengan pembacaan ikrar paskibra itu berlangsung dengan suasana penuh haru. Usai resmi dikukuhkan, sebagian dari mereka bahkan meneteskan air mata sembari bersalaman dengan para tamu undangan.

Kepada para anggota paskibra yang dikukuhkan, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta mereka untuk menjaga kesehatan demi kelancaran upacara kemerdekaan. Mantan Wali Kota Pontianak ini juga mendoakan para anggota paskibra agar bisa menjadi pemimpin di masa yang akan datang.

“Kalian ini kader penerus bangsa yang setidaknya sudah terpilih menjadi yang terbaik di Kalimantan Barat pada saat ini. Pertahankan dan jaga itu. Mudah-mudahan nanti bisa jadi pemimpin yang betul-betul bisa memaknai sebagai orang Indonesia,” ujarnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Sutarmidji juga menyesalkan adanya kelengkapan anggota paskibra yang tidak dianggarkan oleh Biro Pemerintahan Setda Kalbar. Bukan hanya di tahun ini, tidak dianggarkannya kelengkapan tersebut bahkan sudah terjadi selama 2 tahun berturut-turut. 

“Tahun 2018 tidak, tahun ini tidak juga. Jangan sampai tahun depan tidak dianggarkan lagi ya. Hal yang penting seperti ini jangan diabaikan. Harusnya dari awal dikasi tahu ke kita biar kita siapkan,” ucapnya. 

Sementara itu, salah satu anggota paskibra Regina Auredya mengaku senang dan terharu usai dikukuhkan oleh gubernur. Paskibra asal Kabupaten Sekadau ini merasa terharu karena terkenang akan proses panjang yang dilaluinya sebelum secara resmi dikukuhkan pada hari ini. 

“Terharu. Awalnya ikut seleksi sekolah, sesudah itu di kecamatan. Lolos lagi untuk di tingkat kabupaten dan akhirnya bisa sampai di tingkat provinsi,” ungkapnya.

Siswa SMK Keling Kumang Kabupaten Sekadau yang kini duduk di kelas XI ini bercerita bahwa dirinya beserta 27 anggota paskibra lainnya mulai menjalani karantina di Balai Diklat Dapen Bank Kalbar pada 26 Juli lalu. Sejak dikarantina, latihan demi latihan dikatakan Regina terus dijalani hingga tanggal 14 Agustus 2019. 

Lebih lanjut dirinya mengharapkan doa dari seluruh masyarakat Kalimantan Barat agar Upacara Peringatan HUT Ke-74 di Halaman Kantor Gubernur Kalbar nantinya dapat berlangsung lancar.(NAJ)