SHARE
FKOB Kenalkan Tradisi Bugis Lewat Pertunjukan Budaya
Anggota dan simpatisan FKOB Kalbar melakukan kirab di sepanjang Jalan Ahmad Yani Pontianak. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Forum Komunikasi Orang Bugis (FKOB) Kalimantan Barat mengenalkan berbagai tradisi masyarakat Bugis lewat pertunjukan budaya. Bertempat di Unit Taman Budaya Pontianak, FKOB menampilkan atraksi khas suku Bugis seperti pencak silat, ritual Angngaru, tari Padduppa dan berbagai pertunjukan lainnya.

Sekretaris DPD FKOB Kabupaten Kubu Raya Jumher mengatakan, pertunjukan budaya ini dilakukan semata-mata demi merawat tradisi khas suku Bugis di Kalimantan Barat. Sebab kata dia, jika tidak dilestarikan, bukan tidak mungkin tradisi Bugis ini ditinggalkan oleh kalangan muda.

“Sesuai dengan moto kami, yaitu mengangkat adat dan budaya Bugis Kalimantan Barat di mana kalau dilihat dari saat ini bahwa budaya-budaya itu perlu dilestarikan kembali. Nah, hadirnya kami tentu sebagai pihak yang melestarikan adat budaya Bugis,” ujarnya di Taman Budaya Pontianak, Jumat (29/11/2019).

Pertunjukan budaya Bugis ini diawali dengan kirab di sepanjang Jalan Ahmad Yani Pontianak. Ratusan peserta kompak mengenakan baju adat khas Bugis sembari membawa spanduk dan bendera FKOB.

Jumher menambahkan, pertunjukan budaya ini merupakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-1 FKOB Kalimantan Barat. Selain pertunjukan budaya, di HUT pertamanya ini FKOB juga menggelar kegiatan lain yang bernuansa budaya seperti ritual mattopang atau ritual mencuci senjata tua khas Bugis.

“Ini jadi salah satu agenda dalam HUT FKOB. Pertunjukan budaya merupakan acara puncak, sebelumnya sudah kami laksanakan rakerwil dan ritual mattopang,” tandasnya. (NAJ)