SHARE
Enam Kapolres di Jajaran Polda Kalbar Resmi Berganti
Ilustrasi: Merdeka.com

PONTIANAK – Enam kapolres di jajaran Polda Kalbar resmi berganti, Jumat (8/11/2019). Pergantian kapolres tersebut ditandai dengan upacara serah terima jabatan (sertijab) dari pejabat lama kepada pejabat baru yang dipimpin oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono di Mapolda Kalbar.

Di hadapan enam kapolres yang dimutasi, Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono mengatakan pergantian estafet kepemimpinan merupakan hal biasa di tubuh Polri. Baru-baru ini, kata Didi, peristiwa serupa juga terjadi pada pimpinan tertinggi Korps Bhayangkara, dari yang sebelumnya jabatan Kapolri dipegang oleh Jenderal (Purn) Tito Karnavian kini digantikan oleh Jenderal Idham Azis.

“Kegiatan yang sama juga berlangsung kemarin di Jakarta, di mana pimpinan tertinggi Polri juga mengalami pergantian,” ucapnya.

Jenderal bintang dua itu menambahkan, seiring dengan pergantian pucuk pimpinan Polri, visi dan misi di tubuh Polri juga mengalami perubahan. Ia berujar, Kapolri baru memiliki tujuh program prioritas antara lain (1) mewujudkan SDM yang unggul, (2) pemantapan pemiliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, (3) penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan, (4) pemantapan manajemen media, (5) penguatan sinergi polisional, (6) penataan kelembagaan dan (7) penguatan pengawasan.

Kepada enam kapolres baru, Kapolda berpesan agar segera melakukan penyesuaian. Terlebih, kepada empat kapolres yang wilayah hukumnya akan menjalani Pilkada serentak, Melawi, Ketapang, Kapuas Hulu dan Sekadau.

“Selamat dan datang dan selamat bergabung di Polda Kalbar. Segera menyesuaikan diri dengan iklim serta dinamika operasi dan pembinaan personel di sini,” tandasnya.

Selain sertijab enam kapolres, dalam kesempatan yang bersamaan juga dilakukan serah terima jabatan terhadap dua orang pejabat utama Polda Kalbar, yakni Irwasda dan Dir Pamobvit. Irwasda yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen Pol Andi Musa kini dipegang oleh Kombes Pol Arif Rahman, sementara Dir Pamobvit kini dijabat oleh Kombes Prabowo Santoso dari yang sebelumnya dijabat oleh Kombes Hudit Wahyudi. Adapun enam polres yang mengalami pergantian pucuk pimpinan sebagai berikut.

1. Polresta Pontianak, dari AKBP Ade Ary Syam Indradi kepada AKBP Komarudin
2. Polres Ketapang, dari AKBP Yuri Nurhidayat kepada AKBP R. Siswo Handoyo
3. Polres Kapuas Hulu, dari AKBP R. Siswo Handoyo kepada AKBP Wedi Mahadi
4. Polres Melawi, dari AKBP Ahmad Fadlin kepada AKBP Tris Sutriadi
5. Polres Sekadau, dari AKBP Anggon Salazar Tarmizi kepada AKBP Marupa Sagala
6. Polres Mempawah, dari AKBP Didik Dwi Santoso kepada AKBP Tulus Sinaga. (NAJ)