SHARE
Disdukcapil Kota Pontianak Tetap Membuka Pelayanan Pada Hari Pemungutan Suara
Ilustrasi

PONTIANAK – Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pontianak dipastikan akan tetap membuka pelayanan pada hari pemungutan suara, tanggal 17 April 2019 mendatang. Hal ini dilakukan guna mengantisipasi adanya sejumlah perihal yang patut dikoordinasikan dengan penyelenggara Pemilu yang berkaitan dengan dokumen kependudukan masyarakat.

“Disdukcapil Kota Pontianak pada hari H pencoblosan berdasarkan instruksi dari rakornas kemarin tidak libur,” kata Kadisdukcapil Kota Pontianak Suparma pada saat ditemui di Kantor Wali Kota Pontianak, Kamis (14/3/2019).

Suparma mencontohkan perihal yang memungkinkan untuk dikoordinasikan pada hari pemungutan suara ialah kekeliruan NIK (nomor induk kependudukan) atau adanya NIK yang ganda. Kedua persoalan itu besar kemungkinannya terjadi lantaran syarat utama yang digunakan untuk mencoblos ialah KTP elektronik.

Pada kesempatan yang sama, Suparma juga menerangkan bahwa perekaman KTP elektronik di Kota Pontianak saat ini sudah mencapai 97,5 persen. Ia menjelaskan pihaknya terus melakukan perekaman secara maraton dan tetap melayani perekaman di hari libur.

Saat ini Disdukcapil Kota Pontianak juga sudah melakukan jemput bola ke sejumlah sekolah menengah atas (SMA)/sederajat. Bahkan dalam waktu dekat, pihaknya juga akan melakukan hal yang sama di beberapa perguruan tinggi di Kota Pontianak.

“Tapi pada umumnya di perguruan tinggi sudah memiliki KTP elektronik. Yang paling menjadi sasaran kita adalah mereka yang masih sekolah,” tandasnya. (NAJ)