SHARE
Beberapa tabung oksigen disiagakan di salah satu rumah oksigen Kota Pontianak. Foto: NAJ/kalbarupdates.com
PONTIANAK – Dinas Kesehatan Kota Pontianak menyiagakan tujuh rumah oksigen sebagai langkah antisipasi adanya warga yang terpapar kabut asap yang menyelimuti Kota Pontianak. Tujuh lokasi yang dijadikan sebagai rumah oksigen antara lain Kantor Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Puskesmas Gang Sehat, Puskesmas Alianyang, Puskesmas Perumnas I, Puskesmas Kampung Dalam, Puskesmas Kampung Bangka dan Puskesmas Siantan Hilir.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak Sifiq Handanu mengatakan bahwa penyiagaan tujuh rumah oksigen ini dikhususkan bagi warga yang mengalami sesak nafas. Dirinya pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk segera membawa pasien yang kedapatan mengalami sesak nafas ke rumah oksigen terdekat. 
 
“Di rumah oksigen itu disediakan nebulizer. Bilamana ada yang mengalami sesak nafas yang diakibatkan asma dampak dari asap, silakan dibawa ke rumah oksigen yang ada di layanan kesehatan yang ditunjuk tersebut,” ucapnya di Kantor Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Rabu (18/9/2019).
 
Sidiq menambahkan kalau rumah oksigen ini hanya sebagai pertolongan pertama bagi penderita sesak nafas. Jika kondisi pasien semakin parah, petugas kesehatan di rumah oksigen terdekat akan segera membawanya ke rumah sakit terdekat. 
 
Dijelaskan Sidiq kalau kondisi udara di Kota Pontianak saat ini sudah masuk kategori tidak sehat dan berpotensi menjadi sangat tidak sehat bahkan berbahaya. Karenanya, Ia meminta masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah lantaran berpotensi mendatangkan gangguan kesehatan. 
 
“Kita semua berdoa mudah-mudahan segera turun hujan agar kondisi udara di Pontianak berangsur normal kembali,” tandasnya. (NAJ)