SHARE
Dinkes Kalbar Terima Bantuan Alat Kesehatan dari Gugus Tugas Covid-19 Pusat
Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson saat konferensi pers di Kantor Gubernur Kalbar. Foto: HAG/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Gugus Tugas Percepatan Penanganan┬áCovid-19 Pusat memberikan bantuan berupa alat kesehatan kepada Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Barat (Kalbar). Bantuan tersebut disalurkan melalui Asisten Logistik Kodam XII Tanjungpura.

“Jadi hari ini kita baru saja menerima bantuan dari Gugus Tugas Nasional yang dikirim melalui Kodam XII Tanjungpura,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson Azroi di Pontianak, Sabtu (4/4/2020).

Bantuan yang diterima oleh Dinkes Kalbar berupa 4.000 alat pelindung diri (APD) dan 2.000 masker. Selanjutnya bantuan yang baru datang ini akan segera disebar ke rumah sakit maupun Puskesmas yang sedang menangani pasien Covid-19 dan PDP.

Selain itu, Dinkes Kalbar juga sudah menerima bantuan alat Rapid Test. Bantuan tersebut diberikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan gabungan pengusaha di Kalbar.

“Untuk jumlah alat Rapid Test itu totalnya ada 4.280, diterima dari Kemenkes sebanyak 2.400 buah. Kemudian dari KADIN dan pengusaha peduli Kalbar itu ada sekitar 1880 buah,” terangnya

Harisson meminta kepada dinas kesehatan kabupaten/kota dan direktur rumah sakit yang sudah menerima alat Rapid Test, untuk segera melaksanakan pemeriksaan Rapid Test kepada masyarakat.

“Jangan disimpan di kantor dinas kesehatan. Tolong segera lakukan pelacakan pasien, agar kita bisa memetakan dugaan pasien yang sudah tertular,” pungkasnya. (HAG)