SHARE
Corona Pengaruhi Kunjungan Luar Negeri ke Kalbar
Konferensi pers terkait upaya multi pihak dalam mencegah virus corona di Kalbar. Foto: HAG/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Pontianak Tatang Suheryadin menuturkan penyebaran virus corona mulai berdampak pada penurunan yang sangat signifikan untuk penumpang dari luar negeri.

“Biasanya rata-rata jumlah penumpang yang datang di bandar udara TPI Supadio per hari kurang lebih sampai 300 orang. Dengan adanya wabah Corona sekarang jumlah kedatangan berkutat di bawah 100 orang,” ujar Tatang ketika diwawancarai di Kantor Imigrasi Kelas 1 TPI Pontianak, Senin (9/3/2020).

Tatang mengatakan turis yang datang ke Indonesia biasanya memiliki kepentingan berbeda. Mulai dari bekerja, berwisata, dan melaksanakan tugas sosial.

“Mereka ke sini ada yang membawa investor. Dengan adanya virus Corona ini kita sangat merasakan perekonomian di wilayah Kalbar sekarang agak menurun,” lanjutnya.

Selain di penerbangan, kondisi serupa juga ditemui di pelabuhan yang merupakan jalur keluar dan masuk sektor perekonomian.

Sementara untuk WNA yang berada di Indonesia sebelum larangan berkunjung diberlakukan, pihaknya tetap akan memfasilitasi perpanjangan visa.

Kemudian, untuk keberangkatan masyarakat Kalbar ke luar negeri, Ia mengakui jumlahnya masih tinggi.

“Namun ada beberapa negara yang tak bisa kita kunjungi, seperti China kemudian ada beberapa Negera eropa seperti Iran dan Italia,” katanya.

Ia menyebut hanya ada tiga wilayah yang dilarang dikunjungi sementara karena diduga terjangkit virus Covid-19. Selebihnya wilayah lain masih diperbolehkan. (HAG)