SHARE
Cegah Corona, PMI Pontianak Ajak Cuci Tangan dan Sebar Hand Sanitizer
Relawan PMI Pontianak kampanye hidup sehat melalui pembagian hand sanitizer kepada kelompok warga rentan. Foto: Dok PMI Pontianak

Dinas Kesehatan Kota Pontianak dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Pontianak, menyebar seribuan botol hand sanitizer secara cuma-cuma atau gratis kepada masyarakat. Pembagian cairan pencuci tangan ini dilakukan secara langsung dengan mendatangi sejumlah permukiman penduduk.

Kepala Markas PMI Kota Pontianak Lusi Nuryanti menyebut, cairan pencuci tangan ini diproduksi oleh Dinas Kesehatan Kota Pontianak dan PMI Pontianak, untuk dibagikan gratis sebagai upaya kampanye hidup sehat untuk mempersempit penyebaran virus corona atau Cocid-19. “Komposisinya etanol dan aloevera gel, dan untuk tahap awal ini kita prioritaskan pembagiannya ke masyarakat usia lanjut terlebih dahulu,” kata Lusi.

Pembagian ini, sekaligus juga diharapkan membantu masyarakat Kota Pontianak dalam menyikapi sulitnya mendapatkan hand sanitizer di pasaran. Tak hanya cairan pencuci tangan, PMI juga membagikan sabun antiseptik secara cuma-cuma. Tujuan utamanya, kata Lusi, menyosialisasikan dan mengajak masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat. ‚ÄúSalah satunya dengan hal kecil yaitu mencuci tangan menggunakan sabun,” katanya.

Seperti dilakukan oleh puluhan relawan PMI Pontianak di kawasan Mendawai, Kelurahan Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Rabu (25/03). Di depan rumah-rumah warga, para relawan yang disebar ke beberapa titik ini memperagakan cara mencuci tangan yang benar. Warga diajak memperagakan cara mencuci tangan, dan imbalanya adalah hand sanitizer ukuran 60 mililiter dan sabun antiseptik bagi mereka yang bersedia memperagakan cara mencuci tangan dengan benar. “Relawan sengaja kita sebar mendatangi rumah-rumah warga, agar tidak menimbulkan kerumunan,” katanya.

Selain membagikan cairan pencuci tangan dan sabun, relawan PMI juga melalukan penyemprotan disinfektan di sejumlah fasislitas umum seperti pos siskamling dan masjid-masjid. Warga mengaku senang dan sangat terbantu dengan adanya kegiatan seperti ini di kampungnya. “Senanglah, walaupun sebenarnya kami rutin melakukan pembersihan masjid, tetapi dengan penyemprotan ini kami merasa sangat terbantu,” ajar Ketua RW 003, Kelurahan Bansir Laut Endang. (R-1)