SHARE
Bulog Lepas Empat Truk Beras ke Sejumlah Pasar di Pontianak
Ilustrasi

PONTIANAK–Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional Kalimantan Barat menggelar operasi pasar dengan melepas empat truk berisi 20 ton beras di halaman Kantor Bulog Divisi Regional Kalbar, Jalan Sultan Abdurrahman Pontianak, Kamis (3/1/2019). Operasi pasar tersebut sengaja digelar demi menjaga stabilitas persediaan barang dan harga di pasaran.

Kepala Bulog Divisi Regional Kalbar Sabaruddin Amrullah menuturkan operasi pasar yang ditandai dengan pelepasan truk beras oleh Gubernur Kalbar ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Pontianak. Seluruh kabupaten/kota di Kalimantan Barat disebut Sabaruddin juga melaksanakan hal serupa.

Sabaruddin menambahkan pihaknya mematok harga Rp8.600 untuk satu kilogram beras. Harga tersebut dikatakan Sabaruddin berlaku untuk beras kemasan 50 kilogram. Para pedagang yang hendak mengecer beras tersebut turut diimbaunya untuk tidak menjual dengan harga di atas HET (harga eceran tertinggi). 

“Untuk kemasan 50 kilogram kita patok harga dari gudang yakni Rp8.600 per kilonya. Untuk penjualan pedagang harus di bawah harga eceran tertinggi (HET). Jangan malah di atas HET,” tuturnya.

Sementara itu, Gubernur Kalbar yang berkesempatan hadir pada operasi pasar mengatakan bahwa persediaan beras akan aman di sepanjang tahun 2019. Bahkan, mantan Wali Kota Pontianak ini memastikan berapa pun banyaknya kebutuhan masyarakat terhadap beras, pihaknya akan siap memenuhi.

“Stok aman dan berapa yang dibutuhkan masyarakat kita siapkan. Untuk di daerah-daerah juga sudah disiapkan di gudang bulog masing-masing,” imbuhnya. 

Operasi pasar yang digelar Bulog ini dijadwalkan akan berlangsung hingga akhir bulan Maret 2019 mendatang. (NAJ)