SHARE
BPAN Ajak Pemuda Menjaga Adat dan Budaya Daerah

PONTIANAK – Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) Provinsi Kalimantan Barat akan memberangkatkan kontingen untuk mengikuti jambore nasional di Desa Rangan, Kecamatan Kuaro, Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur.

Ketua BPAN Kalbar, Paulus Ade Sukma Yadi mengatakan jambore yang akan digelar pada 18 – 22 April 2018 sekaligus memilih Ketua Umum BPAN yang baru. “Kami akan memberangkatkan 22 perwakilan kontingen yang berasal dari BPAN kabupaten dan kota se-Kalbar. Ini kontingen terbanyak di antara daerah lain di Indonesia,” katanya di Pontianak, Selasa (17/4/2018).

Menurut Ade, pihaknya akan menampilkan kesenian khas daerah Kalbar dan tarian yang akan ditampilkan oleh perwakilan kontingen. Dan juga akan mempromosikan makanan khas daerah Kalbar supaya dikenal masyarakat luar.

Ade mengatakan BPAN adalah wadah bagi pemuda yang ingin melestarikan adat dan budaya agar tidak punah. “BPAN ini bukan milik satu suku, melainkan milik semua suku yang ingin melestarikan adat budaya mereka. Dan kami ingin mengajak seluruh masyarakat Kalbar terutama para pemuda Melayu, Madura, Bugis dan lainnya untuk ikut bergabung bersama kami melestarikan adat dan budaya kita,” jelasnya.

Ade juga mengajak para pemuda untuk bersama-sama menjaga stabilitas keamanan di Kalbar yang memasuki masa kampanye dan ikut mendukung pesta demokrasi yang akan digelar nantinya. (CRS)