SHARE

PONTIANAK – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kalimantan Barat menggelar Apel Kesiapan Pengawasan Pemilihan Umum, Kamis (14/3/2019). Apel yang sedikitnya dihadiri oleh 552 pengawas Pemilu tingkat kecamatan ini digelar di Auditorium Universitas Tanjungpura Pontianak.

Dalam sambutannya, Ketua Bawaslu Kalbar Ruhermansyah mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen tinggi terhadap terselenggaranya Pemilu yang berintegritas dan berkualitas. Pada kesempatan yang sama, ia juga menekankan kepada para panitia pengawas (panwas) untuk tidak tebang pilih dalam menegakkan aturan Pemilu.

“Kita harus berkomitmen menciptakan Pemilu yang berintegritas dan berkualitas. Kami pengawas Pemilu siap tanpa ragu untuk mengawasi penyelenggaraan Pemilu,” ujarnya.

Panwas juga ditekankan Ruhermansyah untuk benar-benar memahami tugas pokok dan fungsinya sebagai pengawas Pemilu. Terlebih, kata dia, saat nantinya pelaksanaan proses penghitungan suara dan pleno penetapan di berbagai tingkatan.

“Pahami tugas dengan baik. Khususnya saat penghitungan dan pengumuman saat Pemilu,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Ruhermansyah juga meminta para panitia pengawas untuk benar-benar bersikap netral. Jika mendapati dugaan pelanggaran, sambung dia, panwas hendaknya segera melakukan tindakan.

“Tolong netral. Ada dugaan pelanggaran, segera tindak. Jangan ragu-ragu,” tandasnya. (NAJ)