SHARE
10 Tokoh Kalbar akan Divaksin Perdana
Kepala Dinas Kesehatan Kalbar Harisson. Foto: ANS/kalbarupdates.com

PONTIANAK –¬† Sedikitnya 10 orang pimpinan dan tokoh masyarakat Kalbar akan menerima vaksin Sinovac perdana. Prosesnya akan dilaksanakan di Pendopo Gubernur Kalbar pada 14 Januari 2021.

Kepala Dinas Kesehatan Kalimantan Barat Harisson mengatakan secara nasional program vaksinasi akan dilakukan 13 Januari ditandai dengan pemberian pertama Vaksin Sinovac kepada Presiden Jokowi.

“Tingkat provinsi akan dilaksanakan 14 Januari 2020. Ada 10 orang pimpinan dan tokoh masyarakat yang akan divaksin perdana,” jelas Harisson kepada awak media, Selasa (12/1/2020) di Dinkes Provinsi Kalbar.

Harisson berharap pemberian vaksin Covid-19 di kabupaten/kota terlebih dahulu dilakukan vaksinasi terhadap 10 orang pimpinan dan tokoh masyarakat.

Program vaksinasi  tahap pertama, urai Harisson, akan dibagi dua termin. Termin pertama pendistribusian akan dilakukan di Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, dan Mempawah.

“Untuk tahap pertama, dibagi menjadi dua termin karena kita memperhitungkan jumlah vaksin yang dialokasikan untuk Kalbar. Vaksin Covid-19 akan diberikan kepada tenaga kesehatan (Nakes). Setiap orang akan melakukan dua kali imunisasi,” jelasnya.

Adapun Kota Pontianak sesuai dengan jumlah Nakes 5.032 orang, maka jumlah vaksin yang akan didistribusikan sebanyak 10.400 dosis. Kemudian untuk Kabupaten Kubu Raya sebanyak 1.726 orang atau jumlah dosis yang didistribusikan 3.480 dosis. Sedangkan Kabupaten Mempawah sebanyak 981 orang, dimana vaksin yang didistribusikan sebanyak 2000 dosis.

“Kemudian ada 2.480 vaksin yang menjadi stok Dinkes Kalbar. Sehingga keseluruhan vaksin yang didistribusikan maupun yang distok sebanyak 18.360 vial,” tutupnya (ANS)