SHARE
Tekan Angka Kemiskinan Hingga 0,8 Persen
Gubernur Kalbar Sutarmidji. Foto: NAJ/kalbarupdates.com

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji mendorong para pemuda untuk mengambil peran di segala aspek kehidupan. Dorongan itu disampaikan Sutarmidji di hadapan ratusan pemuda ketika mengisi dialog publik bertajuk “Pemuda Kalbar Inspiratif” di Hotel Ibis Pontianak City Center, Rabu (13/3/2019).

“Makanya saya dorong anak-anak muda itu untuk mengambil peran di segala aspek. Tapi mereka juga harus paham banyak hal. Satu saja kunci sukses, yaitu jangan suka percaya dengan berita yang tanpa disaring dengan nalar,” ucapnya

Dalam kesempatan itu, mantan Wali Kota Pontianak ini juga menyampaikan bahwa dirinya melihat banyak sekali pemuda asal Kalbar yang berprestasi. Sebagai contoh, terdapat seorang pemuda asal Kota Pontianak yang saat ini tengah merintis karir sebagai pesepakbola di Liga Spanyol. Tidak cuma itu, Ia juga mendapati banyak anak muda asal Kalbar yang sukses berkarir di bidang Financial Technology (FinTech) dan media jual beli online.

“Saya lihat banyak yang berprestasi. Tadi ada keponakan sepupu saya. Dia sekarang jadi pemain sepakbola di Liga Spanyol. Bapaknya bekerja di PT Freeport di Amerika, dia jadi pemain sepak bola di Liga Spanyol. Mereka orang Pontianak. Kemudian banyak lagi anak-anak muda yang bergerak di bidang fintech yang berhasil. Bahkan beberapa media jual beli online yang pendirinya itu orang Pontianak,” tuturnya.

Melihat potensi ini, Sutarmidji pun optimis Kalbar nantinya akan sanggup bersaing dengan daerah-daerah lain. Dalam waktu dekat, dirinya juga berjanji akan membuat command center yang akan ditempatkan di Kantor Gubernur Kalbar dan akan dikelola oleh anak-anak muda.

“Saya yakin ke depan ini Kalbar akan mampu bersaing dengan daerah lain karena anak mudanya sangat kreatif. Bahkan sekarang ini, satu data kita sangat diperhitungkan dan itu yang menyusunnya adalah anak-anak muda. Mereka yang paham dengan teknologi itu. Untuk memberi ruang kepada mereka, saya akan buat command center kantor gubernur nanti. Itu tempatnya luas dan nanti mereka yang mengelola itu,” ungkapnya.

Potensi anak-anak muda ini, kata Sutarmdiji mesti ditunjang oleh berbagai fasilitas yang memadai. Untuk itu, dirinya berjanji untuk memperkuat jaringan internet di seluruh daerah, terutama daerah yang potensial menjadi pusat pertumbuhan. Bukan hanya itu, Ia

“Makanya infrastruktur IT harus semakin maju. Itu harus disiapkan. Nanti tower-tower untuk memperkuat internet di daerah-daerah yang memang di situ pusat pertumbuhan dan bisa kita prediksi menjadi pusat pertumbuhan, kita harus perkuat,” tandasnya. (NAJ)